Selasa, 17 Mei 2011

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN GIGI

Berdasarkan SKRT 2004 39 % penduduk Indonesia kelompok umur >15 tahun menderita penyakit gigi dan mulut, hanya 28 % diantaranya yang menerima perawatan gigi dari perawat gigi, dokter gigi dan dokter gigi spesialis, 72 % belum menerima perawatan gigi. Dari 26.122 penduduk kelompok umur > 15 tahun yang bekerja di sektor kesehatan hanya 1 % (362), dan dari 362 tenaga kesehatan 16 % diantaranya perawat dan sebagian besar berada di Puskesmas (22%) yang tersebar di seluruh wilayah negara Indonesia. Karena Indonesia merupakan negara berkembang sehingga petugas kesehatan khususnya kesehatan gigi belum tersebar secara merata sesuai standar. Pada daerah tertentu ada Puskesmas yang belum memiliki tenaga dokter gigi sehingga karena kebutuhan lapangan / permintaan masyarakat sehingga perawat gigi banyak berperan. Di sisi lain dengan semakin majunya perkembangan ilmu kedokteran gigi maka profesi dokter gigi semakin terspesialisai sehingga pelayanan kesehatan gigi yang di berikan oleh dokter gigi umum (general practice) mengalami gambaran “semu” antara profesi dokter gigi dan perawat gigi. Karena keadaan tersebut maka institusi pendidikan kesehatan yang mendidik profesi dokter gigi dan perawat gigi perlu mempertimbangkan kompetensi yang dimiliki dan keadaan di lapangan.
Institusi pendidikan di Indonesia yang mendidik perawat gigi adalah Jurusan Kesehatan Gigi. Proses belajar mengajar di Jurusan Kesehatan Gigi mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi tahun 2003 berdasarkan Kepmenkes Nomor HK.00.06.1.2.1190.1. Nama institusi pendidikan perawat gigi yaitu Jurusan Kesehatan Gigi diusulkan diubah menjadi Jurusan Keperawatan Gigi berdasarkan hasil pertemuan tanggal 24 Juni 2008 di Bapelkes Cilandak Jakarta antara organisasi profesi perawat gigi yaitu Persatuan Perawat Gigi Indonesia dan dihadiri oleh pejabat dilingkungan Depkes (Badan PPSDM, Pusdiknakes, Pusrenakes, Puspronakes, Tim penyusunan kurikulum tenaga kesehatan) serta wakil institusi pendidikan (JKG Jakarta) dan Ketua Forum Komunikasi JKG. Pada pertemuan tersebut dijabarkan antara lain Perawat Gigi masuk dalam rumpun keperawatan tetapi perawat gigi bukan perawat (nurse), hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menkes Nomor 1035/Menkes/SK/IX/1998 tentang Perawat Gigi. Kategori kelompok keperawatan adalah perawat, bidan dan perawat gigi.
Keuntungan perawat gigi termasuk dalam kelompok keperawatan tetapi bukan perawat (nurse) :
  1. Perawat Gigi sebagai profesi yang mandiri
  2. Memenuhi kebutuhan program yang ditentukan Pemerintah dalam pelayanan asuhan kesehatan gigi dan mulut
  3. Perawat Gigi sebagai mitra kerja Dokter Gigi
  4. Perawat Gigi dapat memberikan pelayanan asuhan sesuai dengan ilmu yang dimililiki
  5. Perawat Gigi dapat menjalankan tugas, tanggung jawab sesuai dengan profesinya
  6. Perawat Gigi dapat mengembangkan jati dirinya
  7. Perawat Gigi dapat mengembangkan karir sesuai dengan profesinya
  8. Meningkatkan percaya diri pada Perawat Gigi
Menindaklanjuti usul perubahan nama Jurusan Keperawatan Gigi dan mengacu pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan terkini serta tuntutan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat perlu adanya kurikulum pendidikan keperawatan gigi. Draft kurikulum jurusan keperawatan gigi yang akan disusun mempertimbangkan dan mengacu pada :
  1. PP No. 32 tahun 1996 tentang tenaga kesehatan.
  2. Surat Keputusan Menkes Nomor 1035/Menkes/SK/IX/1998 tentang Perawat Gigi
  3. Surat Keputusan Menkes Nomor 1019/Menkes/SK/VII/2000 tentang Registrasi dan Izin Kerja Perawat Gigi.
  4. Surat Keputusan Bersama Menkes dan Kesos dan Kepala BKN No. 728/MENKES/ KESOS/ SKB/ VII/ 2001 dan No. 32A Tahun 2001 tentang petunjuk pelaksanaan jabatan fungsional perawat gigi dan angka kreditnya.
  5. Surat Keputusan MENPAN No. 22/KEP/M.PAN/4/2001tentang Jabatan Fungsional Perawat Gigi dan angka kreditnya
  6. Surat Keputusan Menkes No. 1208/MenKes /SK/ XI/2001 tentang petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional perawat gigi
  7. Surat Keputusan Menkes Nomor : 1192/MENKES/PER/X/2004 tanggal 19 Oktober 2004 tentang jenis pendidikan Diploma di bidang kesehatan
  8. Surat Keputusan Menkes Nomor 284/MENKES/IV/2006 tanggal 21 April 2006 tentang Standar Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut.
  9. Surat Keputusan Menkes Nomor 378/Menkes/SK/III/2007 tanggal 27 Maret 2007 tentang Standar Profesi Perawat Gigi dan Kode Etik Perawat Gigi.
  10. Undang-undang Praktek Kedokteran Nomor 29 Tahun 2004.


Program studi ilmu keperawatan gigi atau PSIKG UGM berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran Gigi UGM. Prodi atau program studi yang masih terbilang muda ini, baru menapaki tahun keduanya di UGM. Meskipun tergolong “anggota keluarga” yang baru di UGM, ditinjau dari segi prospek kerja, Keperawatan Gigi UGM tidak kalah dengan jurusan-jurusan atau prodi-prodi lain yang ada di UGM.
Dilihat dari jenjang pendidikan, Ilmu Keperawatan Gigi yang memiliki jenjang S1, saat ini baru ada di UGM saja. Oleh karena itu, prospek kerja di masa depan masih sangat luas dan saingan dari “teman sejawat” yang memiliki jenjang pendidikan sama belum ada. Lama pendidikan dari Ilmu keperawatan Gigi ini sendiri sekitar 8 semester atau 4 tahun dengan jumlah sks total 144 sks. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa lulus dalam waktu 3,5 tahun saja atau kurang dari 4 tahun. Setelah lulus, maka akan mendapatkan gelar S.KpG atau Sarjana Keperawatan Gigi.
Lulusan Ilmu Keperawatan Gigi, tidak hanya diperuntukkan bekerja sebagai asisten dari dokter gigi saja. Akan tetapi, dengan jenjang pendidikan yang setara dengan dokter gigi, seorang perawat gigi S1 akan menjadi mitra kerja para dokter gigi tersebut, baik di praktek pemerintahan maupun klinik swasta atau pribadi. Selain itu, lulusan perawat gigi S1, mempunyai kesempatan yang lebih banyak untuk menjadi tim managerial di klinik-klinik gigi pemerintah maupun swasta, puskesmas, bahkan rumah sakit dan juga bisa menjadi seorang technician dalam dunia kedokteran gigi. Tapi tentu saja, jika ingin menjadi seorang technician, harus menempuh pendidikan atau pelatihan lanjutan sebagai teknisi. Untuk itu, biasanya kami bekerja sama dengan instansi Angkatan Laut yang memiliki sarana untuk pelatihan teknisi kedokteran gigi.
Untuk praktek mandiri, karena dari pemerintahnya pun untuk profesi perawat belum ada UU atau PP yang menyatakan bahwa perawat boleh membuka praktek, jadi untuk teman-teman yang berniat ingin terjun di klinik, bisa menjalin mitra dengan dokter gigi, baik di praktek mandiri, bersama, pemerintah, ataupun lainnya.
Prospek kerja lainnya yaitu sebagai konsultan kesehatan gigi. Akan tetapi, untuk menjadi konsultan, seorang perawat gigi harus menempuh kembali pendidikan tingkat lanjut. Jika ingin menempuh jenjang pendidikan lanjutan, lulusan dari perawat gigi S1 pun memiliki kesempatan yang sama dengan lulusan S1 yang lain, untuk melanjutkan studi nya ke jenjang yang lebih tinggi, seperti S2 hingga S3.
Beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa Ilmu Keperawatan Gigi ini pun tersedia dari berbagai instansi. Mulai dari pemerintah hingga swasta, bahkan hingga sekolah lanjut ke luar negeri. Biasanya kami bekerja sama dengan Jepang dan beberapa Negara Eropa.
Sistem perkuliahannya sendiri untuk Ilmu Keperawatan Gigi hampir sama dengan Pendidikan Dokter Gigi. Hanya saja, karena prinsip dasar dari seorang perawat itu sendiri adalah “the Care” alias merawat, bukan “the Cure” atau mengobati seperti dokter, maka mata kuliah yang di dapatkan lebih menitikberatkan untuk pendekatan-pendekatan dengan pasien. Seperti untuk penyuluhan kepada masyarakat dan edukasi tentang kesehatan gigi kepada pasien. Selain itu, praktikum untuk Ilmu Keperawatan Gigi, tidak sebanyak Pendidikan Dokter Gigi dan tidak ada sistem co ass untuk perawat gigi. Hanya saja, di semester-semeter akhir, mahasiswa akan lebih difokuskan untuk terjun langsung ke klinik.
Perkuliahan hanya dari hari senin hingga jumat saja. Hari sabtu, mungkin terkadang ada kuliah tambahan atau praktikum cadangan. Fasilitas kampus sama saja dengan Pendidikan Dokter Gigi, karena kita berada dalam satu rumah. Begitupun untuk masalah organisasi, kami saling bekerja sama saling membantu.
Bagi teman-teman yang ingin mendalami ilmu di bidang kesehatan gig, tapi tidak ingin terlalu sibuk dalam perkuliahannya, prodi Ilmu Keperawatan Gigi ini sangat tepat untuk menjadi pilihan. Karena selain waktu kuliahnya tidak padat, jadwal sehari-harinya pun masih terbilang cukup santai dibanding dengan Pendidikan Dokter Gigi.

sumber:
www.fkg.ugm.ac.id
www.ppgi.wordpress.com

37 komentar:

  1. mba, s1 keperawatan gigix terima kelas khusus ga?? klo sy lu2san akg bsa ga kra2 daftar???

    BalasHapus
  2. halo,mbak : )
    buat yg d ugm skrg udah ga buka lagi e kelas yg swadaya, yg ada skrg cuma kelas reguler yg dr SMA gt : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  3. ass mbak :)
    saya mau nanyak nih , saya kan sekarang kuliah di POLTEKKES Kemenkes RI Medan jurusan keperwatan gigi, tp D3 mbak. nah kalau saya mau nyambung S1 d ugm kira2 bs gak ya mbak? alias ekstensi. d bls ya mbak ~~ tengs

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm kalo di ugm kebetulan sekarang program ekstensinya sudah dihapus semua setau saya ..

      Hapus
  4. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 :D ini sekedar share info aja : )
      salam kenaal

      Hapus
  5. Makasih buat adminnya jadi tau soal keperawatan gigi, insyalloh aku juga mau lanjut ke perguruan tinggi kesehatan yg jelas jurusan keperawatan tp masih bingung mau keperawatan apa-apanya :) makasih infonyaa nya ya buat admin ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 :D ini sekedar share info aja : )

      Hapus
  6. minta infonya sya lulusan d3 kesehatan gigi poltekkes bandung, ada gak lowongan buat keluar negeri... kalo ad mnta info dan petunjuknya.... trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. lowongan kerja atau beasiswa atau apa ya ? hehe

      Hapus
  7. mbak kalau lulusan smk bisa keterima gk mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari SMK kesehatan ?
      kalo setau aku, nerima2 aja dari SMA maupun SMK atau MA, kan ujian masuk ny tingkat universitas : )

      Hapus
  8. ini nih info yg dari dulu aku cari.. Pengen banget di keperawatan gigi ugm.. Banyak yg dukung.. Kadang juga banyak yg bikin galau.. Mereka bilang perawat gigi cuman bisa jadi "bawahan" dokter gigi.. Gimana kak nanggepinnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha senyum ajaa :D
      siapaa yg blg perawat gigi cm bisa jd bawaha drg ? justru dgn ada nya s1 keperwatan gigi inilah,kita bisa jd sejajar dengan drg,terutama di bidang keilmuan, wong sama2 s1 kok : )
      meski memang ada beberapa tindakan yg bisa dilakukan drg tp tdk boleh dilakukan perawat gigi krn memang bukan kompetensinya dan jika tindakan itu akan dilakukan oleh perawat gigi harus seijin drg atau dibawah "kontrol/komando" drg : )

      Hapus
  9. mba mau tanya ilmu keperawatan gigi ugm quota sama peminatnya brapa?
    selain jalur snmptn ada jalur masuk lainnya gak?
    biaya kuliahnya kira2 brapa ya?

    BalasHapus
  10. huaduh, aku kurang hafal e kalo kuota maba nya hehe maaf ya, mungkin bisa di cek di situs nya ugm : ) ugm.ac.id
    untuk jalur masuk jg yg jaman skrg aku kurang ngerti kebijakannya dari disdik sm univ kayak gmn, blm dapet kabar lg, coba cek situs ugm aja : )
    kalo biaya kuliah, karena kita masuk kluster ipa, jd biaya sks ny itu 75rb/sks dan spp 500rb/semester
    untuk biaya awal atau SPMA, setau aku terakhir itu min 10jt,tp kan di pendaftaran tuh skrg ada beberapa pilihan yg disesuaikan dgn penghasilan org tua tho, jd bisa aja km SPMA ny 0 rupiah : )

    BalasHapus
  11. eh maaf biaya spp ugm utk semua jurusan itu 540 rb / semester .. yg 40 rb ny utk asuransi kesehatan : )

    BalasHapus
  12. kakak dulu daftar lewat snmptn apa yg tulis kak ? *kepo dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo : )
      jaman aku dulu masih ada ujian mandiri, aku pake yg ujian tulis mandiri ny : )

      Hapus
    2. kalo sekarang udah gak ada ya kak ?

      Hapus
  13. naah itu dia, aku sekarang kurang paham ttg jalur masuk universitas gimana .. soal nya udah ga ngikutin hehe
    itu kan yg nentuin dari dikti (dinas pendidikan) juga ..
    kalo terahir denger sih, ada lagi jalur mandiri utk tahun ini, tapi pasti ny gmn kurang tau : )
    coba browsing aja di ugm.ac.id ttg jalur masuk : )
    semangat :D

    BalasHapus
  14. Kak kalau lulusan SMA Di program studinya IPS itu bisa masuk di Fakultas Keperawatan GIGI apa gak kak .....
    Tolong di balas yach

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo : )
      haduh saya kurang tau e, maaf yaa .. setau saya klo kesehatan itu ya dari exact, soalnya ada mata kuliah basic yg diajarinny di exact ..

      Hapus
  15. hay kak, mkasih bgt buat infonya jadi tau wawasan perbedaan drg dg keperawatan gigi. jadi semakin semangat. bleh mnta accnya twitter? hehe

    BalasHapus
  16. haloo .. maaf baru di bls -__-
    sama2, alhamdulillah bisa bermanfaat yaa : )
    waduh twitter ku ga keurus haha di sini aja blh kok kalo mau tanya2 : )

    BalasHapus
  17. kak syakn ktrima d'kprwtan ggi nh pdhal kpngennya dkter ggi.. jdi g'mna? soalny pas pndftran sbmptn trnyta kdftar jrusn kprwtan ggi bkan dkter ggi x_x
    trus sya liat" mayoritas kprwtan ggi cwe smua.. jdi minder sya x_X

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak ikut nimbrung jawab ya hehe :3
      jadi gini nanti kan satu angkatan juga pasti ada cowoknya dari lain jurusan lagipula ada kakak angkatan cowok juga , kenapa harus minder? yang penting belajar sungguh-sungguhnya hehe

      Hapus
    2. halo, wendy sama atwina :)
      makasih,udah dibantuin jawab hehe maaf baru "nengok" sini lagi :)
      ga usah minder, wendy :) saya angkatan pertama dan ada cowok nya, kok malah bisa jadi terkenal loh hehe paling dihapal sama org2 sama dosen hehe
      kalo masalah perbandingan gender, di FKG UGM memang lebih banyak perempuannya loh udah ga aneh lagi FKG diplesetkan jadi Fakultas Kebanyakan Gadis hehe
      soo,jangan minder justru kegiatan2 di FKG nih baik IKG atau PDG praktikumnya maco2 looh, kita para perempuan aja jd terlatih untuk tangguh :p

      Hapus
  18. kak, untuk keperawatan gigi s1. nanti s2nya bisa ambil ortho atau bagaimana?
    terus sitem fkg atau keperawatan gigi sistimnya udah blok atau masih sks nih kak?

    trims

    BalasHapus
  19. Kak ada nma twitter ato fb nggak mau tnya lbih lngkp tntang kprwatan gigi

    BalasHapus
  20. mau nanyain klo lulusan D3 keperawatan gigi dari poltekkes bisa lanjutin S1nya gak? terus apa harus ngulang dri awal?

    BalasHapus
  21. 1. halo, miss :)
    aku coba jawab ya, utk s1 kep gigi itu tdk ada penjurusan spesialistik seperti dokter gigi, tp s1 kep gigi bisa kuliah s2 apapun yg memang jurusan atau minat nya menerima dari lulusan s1 kesehatan :) di FKG UGM sendiri alhamdulillah sdh ada program pascasarjana ttg ilmu kedokteran gigi dan kita bisa masuk disitu atau ingin ke pascasarjana ny kesehatan masyarakat jg bisa :)
    trs untuk sistem pembelajaran sendiri di FKG UGM, baik s1 kep gi maupun pend dokter gigi skrg menggunakan sistem paket tdk blok *atau blm mungkin ya* jd per semester ny sdh dijatah sks an atau mata kuliah apa saja yg harus diambil, begitu :)

    2. halo, iien pratiwi8
    boleh add aja fb indria purnama :)

    3. halo, lulu lusiana
    kalau di UGM kebetulan utk sekarang sdh tdk ada lagi kelas ekstensi, jd kalau dr D3 ingin lgsg S1 sdh tdk bisa, kalau pun mau dr awal lagi tp saya kurang mengerti masalah syarat masuk nya apakah ada batas usia atau batas tahun kelulusan seperti itu :)

    BalasHapus
  22. haii kak,, saya mau nanya,, untuk masalah biaya di fakultas keperawatan gigi ugm kira2 sma gk ya sama fakultas kedokteran gigi nya ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, evi :)
      kalau masalah biaya, kalau jaman ku sm beberapa ade tingkatku itu jelas terlihat berbeda dari mulai uang SPMA (uang awal) nya,tapi kalo biaya SPP dan SKS an di UGM sndr yg membedakan hanya jurusan eksak dan sosial ..
      naah sekarang kan katanya jaman nya UKT itu, jujur saja aku ga terlalu ngerti utk biaya yg sekarang, mungkin bisa dilihat d website ny ugm atau fkg :)
      dan utk tahun ini saya dapat info kalau prodi keperawatan gigi hanya membuka penerimaan mahasiswa baru dari jalur ujian mandiri saja : )

      Hapus
  23. oh gtu kak,, makasih ya info nya..
    ngomong2 daya tampung MABA nya brapa kak??
    insyaallah aq ikut UM nya kak,,, :)

    BalasHapus
  24. halo, evi :) siip selamat mencoba :) utk jml daya tampung bisa dilihat d website um ny ugm :)

    BalasHapus